Cagiva Stella, Ayam Jago bengis dari Cagiva

Hallo. Apa kabar. Baik, langsung saja. Pernah dengar Cagiva?? Pasti yang teringat adalah Pabrik motor yang berlokasi di Eropa tepatnya di Italia.

 Dan tahukah anda bahwa pabrikan Negeri Pizza ini pernah bekerja sama dengan Insinyur di Thailand dan berhasil menciptakan Ayago pada jaman itu (2000'an). Bagi yang lahir di tahun 90'an pasti tahu. Tetapi bagi yang belum tahu maupun yang lahir tahun 2000 ke atas (macam saya) silahkan lanjutkan.


Cagiva Stella. Adalah motor ayago pada jaman dahulu. Melihat model yang laris pada jaman itu, ditambah mesin 2 tak yang lagi jaya-jayanya, akhirnya tercipta motor ini dan mendapat respon yang positif di segmen ini. Tetapi setelah dilaunching, kok ada yang aneh ya??? Apakah harganya??? Bukan, harganya termasuk wajar (CBU) Lha, saingannya yaitu Tiara S aja harganya dibanderol dengan harga yang sama, yaitu 24 juta. Ternyata, masalahnya adalah konsumen telah terpatri dengan Honda Nova Dash, Tiara S, maupun Suzuki RK-Cool yang sudah menggiring konsumen untuk memilikinya. Seandainya, mereka tahu mesin Cagiva Stella ini, pasti kagum dan takjub, lha gimana tidak. Lihat, cc nya hanya 125, tetapi powernya mencapai 23.8 ps (24 ps) kemudian kompresi yang tinggi (8.2:1) ditemani karburator ajib spesial Dell Orto VM 28. Dengan dibantu oleh 6 percepatan, sudah pasti tidak ada lawan yang sebanding. Contoh, Nova Dash kalah di power yang tipis meski cc sama (Nova 22/23 Ps Vs Stella 24 Ps CMIIW) lawan Tiara S, ah selisih cc dengan power lumayan jauh apalagi dengan RK-Cool.
Ini dia spesifikasinya

Mesin 2 langkah berpendingin cair (radiator), 123.54cc, Reed Valve
Silender x Stroke 55.0mm x 52.0mm
Kompresi 8.2:1
Karburator Dell Orto VM 28
Maksimum torsi 1.66 kpm pada 10.000rpm
Horse power 23.8ps pada 10.300rpm
6 percepatan
Kopling basah
Aki basah
Manual stater
Disk brake depan belakang double piston
Kapasitas tangki bahan bakar 5.6lt, Kapasitas oli samping 1.25lt
Lingkar roda depan 17″-70/90 sedangkan belakang 17″-80/90
Total berat motor keseluruhan 110kg Setang clip-on
Dan yang terakhir bebek ini dilengkapi dengan teknologi CTS (Cagiva Torque System) merupakan perangkat elektronik hasil pengembangan para insinyur Cagiva di Thailand yang berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya lubang buang secara elektronis pada motor ini. Dengan teknologi ini sisa pembakaran akan diatur oleh suatu katup, katup tersebut akan membuka secara elektronis jika motor digeber pada putaran mesin diatas 6.500rpm mirip kinerja Super Kips, YPVS ataupun RC-Valve

Terima Gaji
Cagiva Stella, Ayam Jago bengis dari Cagiva Cagiva Stella, Ayam Jago bengis dari Cagiva Reviewed by Unknown on 3/06/2016 12:18:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Blogger templates