Hallo. Apa kabar. Baik, langsung saja. Mau ngomongin motor 150 cc lokal jaman dulu. Meski jadul, namun mesinnya tak bisa diremehkan.
Apalagi melihat powernya yang besar sekali, bahkan ada yang powernya mendekati ataupun malah lebih unggul dari 250 cc jaman sekarang.
Baik, langsung saja. Ini dia motor dan jenis tipenya.
1. Yamaha TZM 150
Yamaha mengeluarkan tipe ini pada tahun 1998 (kalau nggak salah, setelah krisis moneter) tipe yang paling eksotis. Fitur-fiturnya pun termasuk canggih, bahkan ini motor pertama yang mengaplikasikan full floating discbrake.
Apalagi ada servo YPVS, dan hampir tidak ada saingan, kecuali NSR 150 SP.
Model : Yamaha TZM 150
Engine : 2 Tak, Single Cylinder, Liquid Cooled, Reed Valve, Yamaha Power Valve System (YPVS)
Kapasitas Silinder : 147 cc
Bore x Stroke : 59 X 54 mm
Rasio Kompresi : 6,0 : 1
Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM30SS
Max Power : 35,3 HP @ 10.500 Rpm
Max Torque : 25 N.m @ 9,500 Rpm
Starter Sytem : Electric Starter
Lubrication System : Wet Sump
Transmisi : 6 Speed, Penggerak Rantai
Panjang : 1,965 m
Lebar : 0,685 m
Tinggi : 1,1 m
Jarak Sumbu Roda : 1,33 m
Tinggi Jok : 0,765 m
Berat Kosong : 119 Kg
Suspensi Depan : Telescopic,Coil Spring, Oil Damped
Suspensi Belakang : Swingarm, Coil spring, Oil Damped
Rem Depan : Full Floating Disc, Kaliper 2 Piston
Rem Belakang : Disc, Kaliper 1 Piston
Ban Depan : 90/80 -17 46S
Ban Belakang : 110/80 – 17 57S
Pengapian : Electronic CDI
Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter
2.Honda NSR 150 SP
Honda NSR 150 SP adalah motor 2 tak honda yang diimpor dari Thailand melalui IU. Motor ini tak kalah eksotis dan menjadi saingan dari TZM 150. Apalagi ada Mono Pro Arm dan servo RC-Valve.
Model : NSR 150 SP
Engine type : single cylinder, two stroke
Engine size : 149cc
Bore x stroke : 59 x 54.5
Horsepower : 39.5 ps at 10,500 rpm
Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm
Gearbox : 6 speed return
Ignition : Electronic CDI unit
Length : 1,970 mm
Width : 685 mm
Height : 1,060 mm
Wheelbase : 1,355 mm
Weight : 122.4 kg
Tire size : (F) 90/80-17, (R) 120/80-17 or 130/80-17
3.Kawasaki Ninja 150 RR
Kawasaki Ninja 150 RR, adalah varian 150 cc eksotis dari Kawasaki dan lumayan berumur panjang, meski harus didiscontiune akibat regulasi Euro 3. O Iya, Ninja jenis ini ada 2 servo, yaitu KIPS (untuk tahun 2000 kebawah) dan Super KIPS (untuk tahun 2000 keatas) silahkan CMIIW. Ada juga swing arm Unitrak.
Model: Ninja 150 RR
Type : 2-tak,crankcase reedvalve,SuperKIPS,HSAS
Diameter x Langkah : 59,0 x 54,4mm
Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air
Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 148cc
Perbandingan Kompresi : 6,8 : 1
Daya Maksimum : 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maksimum : 21,6 Nm / 9.000 RPM
Karburator : Mikuni VM 28
Sistem Starter : Kick
Jumlah Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift
Tipe system reduksi primer : Gear
Rasio reduksi : 3,272 ( 72/22 )
Kopling : Wet, multi disc
Tipe Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift
Rasio Gigi : Ke-1 2.700 ( 27/10 )
Ke-2 1.706 ( 29/17 )
Ke-3 1.300 ( 26/20 )
Ke-4 1.090 ( 24/22 )
Ke-5 0.952 ( 20/21 )
Ke-6 0.863 ( 19/22 )
Tipe sistem final drive : Chain drive
Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )
Drive rasio keseluruhan : 8.479 @ top gear
Sistem Pelumasan Oli : Oil Injection
Kapasitas Oli Samping : 1 liter
Kapasitas Oli Transmisi/Mesin : 0,87 liter
Knalpot / Muffler : Catalic Converter
Kapasitas Coolant : 1,3 liter
Suspensi Depan : Telescopic Fork Suspension
Suspensi Belakang : Monoshock Suspension
Rem Depan : Rem Cakram Twin Pot
Rem Belakang : Rem Cakram Twin Pot
Ban Depan : 90/90-17 49S Tube-type
Ban Belakang : 110/80-17 57S Tube-type
Panjang x lebar x Tinggi : 1975mm x 719mm x 1090mm
Tinggi Tempat Duduk : 780mm
Jarak Poros Roda : 1.305mm
Jarak ke tanah : 145mm
Berat : 124,5 kg
Isi tangki bensin : 10,8 liter
Baterai : 12 V 4 Ah
4.Suzuki RGR 150
Ini adalah varian motor 150 cc dari Suzuki. Meski secara teknologi, sedikit kalah dari 3 model dan tipe motor diatas, namun nggak kalah juga, Suzuki RGR memakai teknologi SSS dan SIPC. Apalagi Monoshocknya tipe yang ada floaternya. Wuih....
Produsen Suzuki
Perusahaan induk Suzuki Motor Corporation
Tahun Produksi 1989 - 2000
Model berikutnya Suzuki RG-R (150) ss
Suzuki RGR 150 Gamma II
Kelas Sport
Mesin 147 cc, 2 langkah, piston dan reed valve, berpendingin udara
Daya kuda 26.5 PS / 9500 rpm
Torsi 2.1 kg.m. / 8000 rpm
Sistem transmisi 6 percepatan, wet multi-plate type
Suspensi Depan: Telescopic, coil Spring, oil dampened
Belakang: Swinging arm, oil dampened
Rem Depan: cakram double piston
Belakang: tromol
Ban
Depan: 2.75 – 18 4PR
Belakang: 3.00 – 18 4PR
Sudut kemiringan suspensi depan
59.0 x 54.0 mm
Dimensi keseluruhan
P 680 mm
L 780 mm
T 1.970 mm
Tinggi jok dari lantai 1.120 mm
Berat 99,8 kg (wet)
Kapasitas Tangki 11 liter
Terima Gaji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar