Motor motor 150cc eksotis jaman dulu

Hallo. Apa kabar. Baik, langsung saja. Mau ngomongin motor 150 cc lokal jaman dulu. Meski jadul, namun mesinnya tak bisa diremehkan.



Apalagi melihat powernya yang besar sekali, bahkan ada yang powernya mendekati ataupun malah lebih unggul dari 250 cc jaman sekarang.

Baik, langsung saja. Ini dia motor dan jenis tipenya.

1. Yamaha TZM 150
Yamaha mengeluarkan tipe ini pada tahun 1998 (kalau nggak salah, setelah krisis moneter) tipe yang paling eksotis. Fitur-fiturnya pun termasuk canggih, bahkan ini motor pertama yang mengaplikasikan full floating discbrake.
Apalagi ada servo YPVS, dan hampir tidak ada saingan, kecuali NSR 150 SP.



Model : Yamaha TZM 150

Engine : 2 Tak, Single Cylinder, Liquid Cooled, Reed Valve, Yamaha Power Valve System (YPVS)

Kapasitas Silinder : 147 cc

Bore x Stroke : 59 X 54 mm

Rasio Kompresi : 6,0 : 1

Penyuplai BBM : Karburator Mikuni VM30SS

Max Power : 35,3 HP @ 10.500 Rpm

Max Torque : 25 N.m @ 9,500 Rpm

Starter Sytem : Electric Starter

Lubrication System : Wet Sump

Transmisi : 6 Speed, Penggerak Rantai

Panjang : 1,965 m
Lebar : 0,685 m
Tinggi : 1,1 m

Jarak Sumbu Roda : 1,33 m

Tinggi Jok : 0,765 m

Berat Kosong : 119 Kg

Suspensi Depan : Telescopic,Coil Spring, Oil Damped

Suspensi Belakang : Swingarm, Coil spring, Oil Damped

Rem Depan : Full Floating Disc, Kaliper 2 Piston

Rem Belakang : Disc, Kaliper 1 Piston

Ban Depan : 90/80 -17 46S

Ban Belakang : 110/80 – 17 57S

Pengapian : Electronic CDI

Kapasitas Tangki BBM : 13 Liter

2.Honda NSR 150 SP
Honda NSR 150 SP adalah motor 2 tak honda yang diimpor dari Thailand melalui IU. Motor ini tak kalah eksotis dan menjadi saingan dari TZM 150. Apalagi ada Mono Pro Arm dan servo RC-Valve.



Model : NSR 150 SP

Engine type : single cylinder, two stroke

Engine size : 149cc

Bore x stroke : 59 x 54.5

Horsepower : 39.5 ps at 10,500 rpm

Torque : 2.75 kg-m at 10,000 rpm

Gearbox : 6 speed return

Ignition : Electronic CDI unit

Length : 1,970 mm

Width : 685 mm

Height : 1,060 mm

Wheelbase : 1,355 mm

Weight : 122.4 kg

Tire size : (F) 90/80-17, (R) 120/80-17 or 130/80-17

3.Kawasaki Ninja 150 RR
Kawasaki Ninja 150 RR, adalah varian 150 cc eksotis dari Kawasaki dan lumayan berumur panjang, meski harus didiscontiune akibat regulasi Euro 3. O Iya, Ninja jenis ini ada 2 servo, yaitu KIPS (untuk tahun 2000 kebawah) dan Super KIPS (untuk tahun 2000 keatas) silahkan CMIIW. Ada juga swing arm Unitrak.



Model: Ninja 150 RR

Type : 2-tak,crankcase reedvalve,SuperKIPS,HSAS

Diameter x Langkah : 59,0 x 54,4mm

Sistem Pendinginan : Pendinginan dengan air

Jumlah & Isi Silinder : Satu buah & 148cc

Perbandingan Kompresi : 6,8 : 1

Daya Maksimum : 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM

Torsi Maksimum : 21,6 Nm / 9.000 RPM

Karburator : Mikuni VM 28

Sistem Starter : Kick

Jumlah Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift

Tipe system reduksi primer : Gear

Rasio reduksi : 3,272 ( 72/22 )

Kopling : Wet, multi disc

Tipe Transmisi : 6 speed, constant mesh, return shift

Rasio Gigi : Ke-1    2.700 ( 27/10 )

Ke-2    1.706 ( 29/17 )

Ke-3    1.300 ( 26/20 )

Ke-4    1.090 ( 24/22 )

Ke-5    0.952 ( 20/21 )

Ke-6    0.863 ( 19/22 )

Tipe sistem final drive : Chain drive

Rasio reduksi : 3.000 ( 42/14 )

Drive rasio keseluruhan : 8.479 @ top gear

Sistem Pelumasan Oli : Oil Injection

Kapasitas Oli Samping : 1 liter

Kapasitas Oli Transmisi/Mesin : 0,87 liter

Knalpot / Muffler : Catalic Converter

Kapasitas Coolant : 1,3 liter

Suspensi Depan : Telescopic Fork Suspension

Suspensi Belakang : Monoshock Suspension

Rem Depan : Rem Cakram Twin Pot

Rem Belakang : Rem Cakram Twin Pot

Ban Depan : 90/90-17 49S Tube-type

Ban Belakang : 110/80-17 57S Tube-type

Panjang x lebar x Tinggi : 1975mm x 719mm x 1090mm

Tinggi Tempat Duduk : 780mm

Jarak Poros Roda : 1.305mm

Jarak ke tanah : 145mm

Berat : 124,5 kg

Isi tangki bensin : 10,8 liter

Baterai : 12 V 4 Ah

4.Suzuki RGR 150
Ini adalah varian motor 150 cc dari Suzuki. Meski secara teknologi, sedikit kalah dari 3 model dan tipe motor diatas, namun nggak kalah juga, Suzuki RGR memakai teknologi SSS dan SIPC. Apalagi Monoshocknya tipe yang ada floaternya. Wuih....



Produsen Suzuki

Perusahaan induk Suzuki Motor Corporation

Tahun Produksi 1989 - 2000

Model berikutnya Suzuki RG-R (150) ss
Suzuki RGR 150 Gamma II

Kelas Sport

Mesin 147 cc, 2 langkah, piston dan reed valve, berpendingin udara

Daya kuda 26.5 PS / 9500 rpm

Torsi 2.1 kg.m. / 8000 rpm

Sistem transmisi 6 percepatan, wet multi-plate type

Suspensi Depan: Telescopic, coil Spring, oil dampened

Belakang: Swinging arm, oil dampened

Rem Depan: cakram double piston

Belakang: tromol

Ban
Depan: 2.75 – 18 4PR
Belakang: 3.00 – 18 4PR

Sudut kemiringan suspensi depan
59.0 x 54.0 mm

Dimensi keseluruhan
P 680 mm
L  780 mm
T  1.970 mm

Tinggi jok dari lantai 1.120 mm

Berat  99,8 kg (wet)

Kapasitas Tangki 11 liter

Terima Gaji
Motor motor 150cc eksotis jaman dulu Motor motor 150cc eksotis jaman dulu Reviewed by Unknown on 3/28/2016 01:12:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Blogger templates