Tips Merawat Motor

Bagi sebagian orang, motor hanyalah benda mati yang dinyalakan, jalankan, kalau rusak service, dah selesai tuh perkara.
Padahal, kalau nggak digunakan dengan hati-hati pasti mesin motor ambrol dah, ih nggak enak cyin. Oleh dari itu, saya ingin memberikan tips merawat motor kesayangan anda. Check this out!




Ilustrasi

1.Bersihkan Ruang Bakar mesin pada motor.
Memang, tidak bisa dipungkiri, mesin motor seiring bertambahnya usia akan kotor, sehingga kita perlu membersihkannya. Misalnya, bersihkan klep, kalau nggak bisa bersihkan piston, kalau nggak bisa juga bersihkan karburator atau injector, kalau lagi lagi nggak bisa, dah motor di Lem Biru (Lempar Beli Baru)

2.Panaskan mesin secara berkala.
Ini tidak berlaku untuk motor injeksi, karena ECU akan memberikan bensin yang lebih banyak saat mesin dingin. Tetapi, sesekalilah memanaskan mesin motor untuk menaikkan oli mesin atau oli samping (2 tak)

3.Berilah Pelumas secara teratur.
Biasanya, ane buka blognya Mas Ari sering liat mesin motornya ambrol akibat tidak diberi oli mesin maupun oli gardan. Maka dari itu, gantilah oli mesin setiap 2-3 bulan sekali atau 2000-3000 km. Untuk oli gardan, bisa lebih lama lagi. Jangan lupa juga untuk selalu lumasi rantai dengan Chain lube.

4.Gantilah part Motor yang Rusak
Ini pasti terjadi, setiap benda pasti akan rusak ataupun perlu diganti bagian dari benda tersebut, sama halnya dengan motor. Jika, ternyata ada kerusakan baik yang kecil maupun besar sebaiknya ganti atau perbaikilah part yang rusak tersebut.

Sekian dari saya.

Tips Merawat Motor Tips Merawat Motor Reviewed by Unknown on 1/18/2016 05:28:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar

Blogger templates